gaya-hidup

Fenomena Ketawa Karier: Dari Canda Ringan hingga Jadi Strategi Bangun Tim yang Solid

Minggu, 31 Agustus 2025 | 13:01 WIB
Ilustrasi - Fenomena ketawa karier yang menjadi strategi membangun tim yang solid.  (Freepik.com)

SENANGSENANG.ID - Melempar humor atau candaan di tempat kerja, ternyata bukan sekadar lucu-lucuan.

Sejumlah penelitian menunjukkan, humor bisa memperkuat hubungan antar sesama rekan kerja.

Berbeda dengan topik ilmiah yang rumit, humor adalah hal yang dekat dengan semua orang.

Baca Juga: Turnamen Voli RT 05 Berakhir, Perum Ndalem Guwosari Kembali Raih Juara Umum

Hampir setiap karyawan punya pengalaman soal cara bercanda bisa mencairkan rapat atau membuat pekerjaan terasa tidak terlalu berat.

"Humor membantu orang menghadapi tekanan, mempererat hubungan, bahkan sering dipakai pemimpin untuk membangun kedekatan dengan timnya," demikian tertulis dalam riset Robert J. Trulaski yang dikutip Minggu, 31 Agustus 2025.

Riset Trulaski membuktikan, humor bukan hanya hiburan singkat. Ia bisa jadi alat komunikasi yang ampuh, terutama ketika dipakai untuk meredakan ketegangan di lingkungan kerja yang tergolong sibuk.

Baca Juga: Yuk, Merayakan Rasa dan Ritme Hidup yang Baru di Sobo' Kitchen & Space Yogyakarta

Kendati demikian, efek humor ternyata tidak selalu sama untuk semua orang.

Terdapat studi yang menyoroti perbedaan reaksi terhadap pria dan wanita yang melontarkan candaan di tempat kerja.

"Hasil studi kami menemukan pria, baik berstatus tinggi maupun rendah, cenderung dinilai positif ketika menggunakan humor," jelas Trulaski.

Baca Juga: Persiku Kudus Perkenalkan Jersey Baru, Tutup Laga Uji Coba Pramusim dengan Bekuk Persibo Bojonegoro 2-1

"Sebaliknya, wanita berstatus rendah yang menggunakan humor agresif justru mendapat penilaian negatif," imbuhnya.

Artinya, ketawa memang bisa membangun suasana seru, tapi penerimaan orang bisa dinilai berbeda tergantung siapa yang melontarkannya.

Halaman:

Tags

Terkini