SENANGSENANG.ID - Kabar TikTok bergabung dengan Tokopedia semakin jelas. Tak hanya bergabung, TikTok bahkan mengakuisisi Tokopedia untuk mengembangkan sayap bisnisnya di Indonesia.
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.
TikTok akan menginvestasikan lebih dari USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 23,43 triliun (kurs Rp 15.619,85 per USD) sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.
Baca Juga: Uji Coba Koneksi Satria 1 Dilakukan di Enam Lokasi, Salah Satunya Kota Kupang
Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024.
Kesepakatan ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi Perseroan untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market).
Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.
Baca Juga: Makan Malam di Gultik Blok M, Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka Traktir Warga
Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo.
Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia.
"Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia," demikian keterangan resmi manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dikutip Senin 11 Desember 2023.
Baca Juga: Merinding Melihatnya, di Single Terbaru Melly Goeslaw 'Bertemu Kembali' dengan Mendiang Nike Ardilla
Kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.
Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).
Artikel Terkait
TikTok Shop Akan Kembali ke Indonesia, Menteri Koperasi UKM Beri Dua Pilihan
TikTok Shop Dikabarkan Gabung Tokopedia, Media Sosial Lain Diajak untuk Jadi Afiliasi
BNI Raih Penghargaan The Best CEO of The Most Sustainable Bank di Ajang Top CEO Indonesia 2023
Jamu Diakui sebagai WBTB Dunia, Begini Sejarah dan Perkembangannya dari Jamu Gendong hingga Industri di Jateng
Mantap! Di Penghujung 2023, Indonesia Ekspor Ayam Beku ke Singapura Senilai USD65.000
BNI Hadirkan Program Shooping Race sebagai Bentuk Apresiasi kepada Nasabah