SENANGSENANG.ID - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) menerima 34 penghargaan prestisius dunia Airport Service Quality (ASQ Awards) dari Airport Council International (ACI), organisasi kebandarudaraan dunia yang menaungi 2.110 bandara di 169 negara.
Jumlah penghargaan yang diterima pada tahun ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah, dimana pada tahun lalu jumlah yang diterima sebanyak 19 penghargaan.
Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh ACI kepada InJourney Airports, dalam ajang ACI World’s Customer Experience Summit and Exhibition yang digelar di Atlanta, Amerika Serikat, pada 26 September 2024 waktu Indonesia.
Baca Juga: Loman Park Hotel: Bertransformasi, Bertumbuh, dan Berinovasi di Tengah Istimewanya Jogja
ASQ Awards dari ACI itu mengakui keunggulan bandara-bandara di dunia dalam menghadirkan customer experience terbaik kepada pengguna jasa bandara, berdasarkan survei yang dilakukan pada titik keberangkatan dan kedatangan di bandara.
Adapun penghargaan-penghargaan itu diberikan sejalan dengan pelayanan terbaik 11 bandara yang dikelola InJourney Airports, yakni 6 penghargaan bagi Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, lalu 5 penghargaan bagi Bandara Internasional Yogyakarta.
Kemudian masing-masing 4 penghargaan bagi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, dan Bandara Supadio Pontianak.
Baca Juga: Makin Ngeri! PSSI Gandeng KNVB Demi Kualitas Akademi Timnas Usia Muda di Indonesia
Sementara, bandara yang meraih 2 penghargaan adalah Bandara Depati Amir Pangkalpinang dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Kemudian, bandara yang meraih 1 penghargaan yakni Bandara Juanda Surabaya, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, dan Bandara Pattimura Ambon.
Direktur Utama InJourney Airports, Faik Fahmi mengatakan, ASQ Awards merupakan apresiasi dari para penumpang pesawat dan industri aviasi global atas pelayanan terbaik yang diberikan bandara-bandara InJourney Airports.
Penghargaan ini semakin memacu bandara-bandara InJourney Airports untuk selalu meningkatkan standar pelayanan dan pengalaman kepada penumpang pesawat dan pengunjung bandara.
"Kami bersyukur pada tahun ini 11 bandara InJourney Airports berhasil meraih total 34 penghargaan ASQ Awards. Penghargaan ini menjadi wujud nyata InJourney Airports dalam memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik bagi penumpang pesawat," ujar Faik Fahmi sebagaimana dikutip InfoPublik pada Jumat (27/9/2024).
Penghargaan ini, lanjut dia, semakin memacu perusahaan dalam meningkatkan standar pelayanan secara berkelanjutan dengan menghadirkan infrastruktur terbaik di bandara (Premises), didukung kolaborasi erat di ekosistem aviasi (Process), dengan kapasitas global yang dimiliki SDM (People) dan beragam inovasi teknologi serta digitalisasi (Enabler).
Artikel Terkait
AP 1 Layani 244 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Mudik Libur Natal 2023, Tertinggi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali
Bandara Dhoho Kediri Resmi Layani Penerbangan Komersial, Citilink Indonesia Maskapai Pertama Beroperasi
Layani Angkutan Lebaran Perdana, Penumpang Bandara Kertajati Capai 1.900 Orang per Hari
Angkasa Pura Melebur Jadi InJourney Airports, Inilah 5 Bandara Ikonik yang Dikelola Operator Bandara Terbesar Nomor 5 di Dunia
Uji Coba Penerbangan di Bandara IKN Sukses, Menhub Pastikan Standar Keamanan Terpenuhi dan Siap Digunakan
Disambut Water Salute, Presiden Jokowi Lakukan Pendaratan Perdana di Bandara Nusantara IKN