Update Pemesanan Tiket KA, Lebih 72 Ribu Penumpang Manfaatkan Awal Ramadan untuk Munggahan di Kampung Halaman

photo author
- Senin, 3 Maret 2025 | 08:51 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatat pada periode Jumat 28 Februari hingga Minggu 2 Maret 2025, total sebanyak 72.247 pelanggan menggunakan layanan kereta api jarak jauh. (Foto: Mc.Jatim)
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatat pada periode Jumat 28 Februari hingga Minggu 2 Maret 2025, total sebanyak 72.247 pelanggan menggunakan layanan kereta api jarak jauh. (Foto: Mc.Jatim)

SENANGSENANG.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatat pada periode Jumat 28 Februari 2025 hingga Minggu 2 Maret 2025, total sebanyak 72.247 pelanggan akan menggunakan layanan kereta api jarak jauh (KA JJ).

Pelanggan yang akan berangkat dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya sebanyak 35.809 pelanggan, dan pelanggan yang turun di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya sebanyak 36.638 pelanggan.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Minggu 2 Maret 2025 mengungkapkan, bahwa masyarakat memiliki kebiasaan pulang kampung menjelang Ramadhan (munggahan), dan cenderung ingin melaksanakan ibadah puasa pertama bersama keluarga di kampung halaman, sehingga permintaan perjalanan dengan kereta api meningkat.

Baca Juga: Di Pidato Perdananya, Bupati dan Wabup Sleman Harda Kiswaya-Danang Maharsa Janjikan Dalan Padhang lan Nyaman

“KAI akan terus berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dengan memastikan kesiapan operasional, peningkatan fasilitas, serta penerapan berbagai inovasi guna meningkatkan kenyamanan perjalanan,” ucapnya.

Berikut disampaikan data pelanggan di Daop 8 Surabaya periode Jumat 28 Februari 2025 hingga Minggu 2 Maret 2025, sebagaimana data yang diambil pada Sabtu 1 Maret 2025 pukul 09.00 WIB:

Jumat 28 Februari 2025
- Naik : 18.294 pelanggan;
- Turun : 15.723 pelanggan;

Baca Juga: Dicap Pelakor, Amanda Manopo Ngamuk di Live TikTok dan Angkat Bicara: Sekarang Gue Mau Ngomong Nih!

Sabtu 1 Maret 2025
- Naik : 9.265 pelanggan;
- Turun : 12.932 pelanggan;

Minggu 2 Maret 2025
- Naik : 8.250 pelanggan;
- Turun : 7.983 pelanggan.

"Data ini akan terus bertambah, karena penjualan masih berlangsung. Sementara itu, para pelanggan didominasi dengan KA tujuan Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Ketapang," jelasnya.

Baca Juga: Kondisi Terkini Paus Fransiskus yang Sempat Memburuk, karena Muntah dan Sebabkan Perburukan pada Paru-Paru

Luqman Arif menjelaskan, bahwa untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat, KAI telah menyiapkan berbagai langkah strategis, seperti beroperasinya KA fakultatif setiap akhir pekan, peningkatan layanan digital, serta penerapan program keberlanjutan guna menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

Pada setiap akhir pekan, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 3 KA fakultatif, yakni :

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Agoes Jumianto

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Kredit UMKM Melambat Tajam, BI Prediksi Pulih 2026

Kamis, 20 November 2025 | 10:13 WIB
X