ekbis

Pemesanan Tiket Ferry Lebaran Mulai Meningkat, Ini Cara Hindari Antrean di Pelabuhan

Selasa, 4 Maret 2025 | 08:26 WIB
Pemesanan Tiket Ferry secara online baik yang berbasis aplikasi maupun website Ferizy. (Foto: ASDP)

SENANGSENANG.ID - Memasuki periode mudik Lebaran 2025, pemesanan tiket ferry mengalami peningkatan.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat kenaikan reservasi tiket hingga 5 persen untuk perjalanan puncak arus mudik pada 27-28 Maret 2025 (H-4 dan H-3 Lebaran) dan juga libur perayaan Nyepi yang tahun ini terjadi berdekatan.

Sejalan dengan prediksi awal, lonjakan pergerakan penumpang diperkirakan mulai terasa sejak H-6 dan H-5 Lebaran atau pada 25-26 Maret 2025.

Baca Juga: Mulan Jameela Beri Dukungan ke Band Sukatani, Ungkap Tindak Lanjut Jika Ada yang Menghalangi Lagu Bayar Bayar Bayar

"Pembelian tiket tersebut biasanya akan terus meningkat mendekati periode libur Lebaran. Apalagi, telah terdapat imbauan Pemerintah agar Perusahaan, instansi/lembaga menerapkan kebijakan Work from Anywhere (WFA) menjelang periode libur Idulfitri guna menekan kepadatan lalu lintas," ujar Sekretaris Perusahaan ASDP, Shelvy Arifin pada Senin 3 Maret 2025.

Untuk itu, ASDP mengimbau masyarakat agar tidak menunda pembelian tiket dan memanfaatkan layanan online.

ASDP telah menerapkan layanan tiket online di 49 pelabuhan penyeberangan di seluruh Indonesia, baik yang berbasis aplikasi maupun website Ferizy sebagai upaya meningkatkan kenyamanan, efisiensi dan standar layanan bagi pengguna jasa di era digital saat ini.

Baca Juga: Berkumandang Sambut Ramadan, Single Pekik Hening di Lantang Angan Lengkapi Album Rangkai

"Tiket ferry telah tersedia sejak H-60 sebelum keberangkatan. Pastikan sudah memiliki tiket sebelum tiba di pelabuhan, karena tanpa tiket yang valid, pengguna jasa tidak akan bisa menyeberang," ujarnya.

Penerapan digitalisasi tiket melalui Ferizy merupakan bagian dari transformasi layanan ASDP yang telah berjalan sejak 2018.

Sejak resmi diluncurkan pada 2020, jumlah pengguna Ferizy terus meningkat signifikan, dari 438.105 pengguna pada tahun pertama hingga lebih dari 2,78 juta pengguna per Januari 2025.

Baca Juga: Usung Tema Manggala Gati Wiwaraning Rat, Peringatan Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-213 Tahun 2025 Diwarnai Banyak Acara

Digitalisasi ini tidak hanya mempermudah pemesanan tiket, tetapi juga dapat meminimalisir antrean panjang ketika terjadi lonjakan saat puncak arus serta mengurangi praktek percaloan.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan dan penumpang saat mudik Lebaran dan Hari Raya Nyepi yang berdekatan penerapan libur cuti bersamanya, ASDP telah memperkuat fasilitas dan kapasitas di sejumlah pelabuhan utama.

Halaman:

Tags

Terkini

Kredit UMKM Melambat Tajam, BI Prediksi Pulih 2026

Kamis, 20 November 2025 | 10:13 WIB