Dyandra Optimis Bisnis Industri MICE akan Bangkit Kembali, Permintaan Pasar MICE Terus Meningkat Tahun Ini

photo author
- Sabtu, 18 Februari 2023 | 12:20 WIB
Pameran Mobil di Kemayoran, Penyelenggara adalah DyandraPAMERAN  (foto MMKSI)
Pameran Mobil di Kemayoran, Penyelenggara adalah DyandraPAMERAN (foto MMKSI)
SENANGSENANG.ID – PT Dyandra Media International, Tbk (Dyandra) perusahaan induk (holding) dengan kode saham DYAN yang membawahi 28 perusahaan dan bergerak di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE) optimis bahwa industri MICE di tahun 2023 akan semakin meningkat.
 
Hal ini dipicu oleh banyaknya permintaan pasar baik dari bisnis Event & Exhibition Organizer, Bisnis Tourism Leisure, Bisnis Convention & Exhibition Hall, Bisnis Hotel dan Bisnis Supporting Event. Hal ini juga dipicu oleh respons positif pasar akan industri MICE.
 
DYAN melalui bisnis unit PT Dyandra Promosindo tengah menyelenggarakan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran. Pameran ini  dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis 16 Februarri 2023.
 
 
Dalam sambutannya, Kepala Negara mendorong industri otomotif di Tanah Air untuk lebih berorientasi pada ekspor daripada menjual produknya di dalam negeri.
 
Menurut Presiden, industri otomotif Tanah Air memiliki prospek yang sangat baik dan tumbuh secara siginifikan setiap tahunnya.
 
Berdasarkan data yang diterima, penjualan mobil pada tahun 2022 mencapai angka 1.048.000 unit, sedangkan penjualan motor menccapai angka 5.221.000 unit.
 
Sedangkan untuk ekspor, Presiden mengapresiasi industri otomotif di Indonesia yang telah berhasil meningkatkan ekspor hingga 100 persen.
 
Potensi besar tersebut harus dimanfaatkan oleh industri otomotif Tanah Air untuk bersaing dengan negara lain.
 
 
Turut hadir dalam peresmian tersebut adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, CEO Kompas Gramedia Lilik Oetomo, dan Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung.
 
IIMS 2023 akan menghadirkan 45 brand kendaraan dan 18 produk yang siap diluncurkan. Mengusung tema BOOST (Bringing Opportunity for Otomotive Society Together), Dyandra Promosindo selaku penyelenggara optimis menghadirkan 400 ribu pengunjung dalam 11 hari, dengan target transaksi senilai Rp3,8 Triliun.
 
IIMS 2023 melanjutkan kerjasama dengan perusahaan multifinance terdepan di Indonesia, yakni MUFG Bank, Ltd. dan PT Bank Danamon Indonesia, Tbk (Danamon) sebagai Official Bank Partner serta PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) sebagai Official Multifinance Partner.
 
 
IIMS juga akan menampilkan IIMS Infinite Life yang akan menampilkan special performances dari DEWA 19 feat Virhza, DeadSquad feat Isyana, The Changcuters feat Nidji, Vierratale feat RE: UNION, JKT 48, Yura Yunita, Nadin Amizah, Parade Hujan, Soegi Bornean dan Ananda Feat Monita.
 
Bulan depan, DYAN melalui unit bisnis PT Dyandra Global Edutainment juga akan menyelenggarakan Konser NCT DREAM TOUR ‘THE DREAM SHOW2 : In A DREAM’ In Jakarta selama 3 hari mulai tanggal 4-6 Maret 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City.
 
Penjualan tiket telah dilakukan pada beberapa pekan yang lalu dan semua kategori tiket yang dibanderol mulai dari harga Rp1.000.000 sampai dengan Rp2.750.000 telah habis terjual.
 
 
Konser NCT Dream ini didukung oleh official bank partner Livin’ by Mandiri. Pada tahun 2023, PT Dyandra Global Edutainment sedang  dalam tahap pitching dan negosiasi dengan beberapa musisi maupun group band dari Korea, Amerika, Inggris dan China. Hal ini untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat di sisi entertainment, khususnya konser musik.
 
Pada semester 1 tahun ini, Dyandra Promosindo juga akan menyelenggarakan beberapa event andalan lainnya seperti pameran berbasis Business to Business (B2B) Indonesia International Furniture Expo sebagai pameran dagang internasional terbesar untuk industri mebel & kerajinan di Indonesia yang akan menghadirkan lebih dari 400 exhibitors dan mendatangkan lebih dari 12.000 buyers dari 112 negara yang akan diselenggarakan pada 9-12 Maret 2023 di seluruh area JIExpo.
 
 
Mirna Gozal selaku Corporate Secretary DYAN menjelaskan bahwa hampir seluruh lini bisnis DYAN di tahun 2022 berkontribusi positif serta mencapai target yang telah ditetapkan.
 
Manajemen berkomitmen untuk terus menggenjot pangsa pasar industri MICE di Indonesia baik dengan penyelenggaraan event baru, konser musik baik lokal maupun internasional serta menggandeng partner baru dalam menjalankan beberapa proyek. Perseroan juga tengah melakukan restrukturisasi organisasi agar perusahaan lebih sehat.
 
Pendapatan DYAN terbesar masih dari bisnis event and exhibition organizer yang menyumbang sebesar kurang lebih 70-80% pendapatan perseroan.
 
Tahun ini DYAN juga menyiapkan Capex senilai Rp. 50 miliar yang rencananya akan digunakan baik untuk renovasi maupun pembelian perabotan dan perlengkapan. **
 
 
 
 
 

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Alfons Suhadi

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Kredit UMKM Melambat Tajam, BI Prediksi Pulih 2026

Kamis, 20 November 2025 | 10:13 WIB
X