SENANGSENANG.ID - Vespa, brand dengan hubungan dan ikatan relevansi dengan banyak orang di seluruh dunia serta telah dianggap sebagai ikon gaya hidup, sukses mengeruk valuasi 1,079 miliar euro setara 18 triliun 360 miliar lebih (kurs Rp17.000/1euro).
Angka tersebut naik 19% dibanding valuasi sebelumnya yang mencapai 906 juta euro pada 2021.
Pertumbuhan valuasi Vespa tersebut merupakan hasil studi terbaru dari Interbrand, sebuah lembaga konsultan ternama yang ditunjuk oleh Piaggio Group (PIA.MI), produsen kendaraan roda dua premium terbesar di Eropa dan salah satu pemimpin industri secara global.
Baca Juga: Ramalan Zodiak Leo dan Virgo Rabu 20 Desember 2023 perhatikan perkembangan keterampilan komunikasi
Studi tersebut juga menunjukkan jangkauan global Vespa akan keunikan, desain, gaya hidup, dan hiburan.
“Istilah ikonis mungkin sudah terlalu sering digunakan, tapi itu jadi satu-satunya kata yang sangat tepat untuk mendefinisikan Vespa,” ujar Manfredi Ricca, Global Chief Strategy Officer Interbrand.
Menurut Manfredi Ricca, Vespa tak ubahnya sebuah warisan, namun ia konsisten berevolusi.
Lahir sebagai brand klasik khas Italia, Vespa telah dicintai di seluruh dunia. Sebagai brand premium, Vespa juga inklusif untuk semua kalangan.
"Valuasi kami bukan sekadar sederet angka yang menyimbolkan kesuksesan dari brand yang begitu diimpikan dan diminati ini, tapi juga menunjukkan bagaimana Vespa menghadirkan kebebasan dan kebahagiaan dalam hidup yang melampaui batas-batas mobilitas untuk masuk ke dunia yang baru," tambah Manfredi Ricca.
Lanjut Manfredi, kekuatan dan kesuksesan dari berbagai kemitraan yang dilakukan brand ini pun benar-benar berbicara dengan sendirinya.
Baca Juga: Reresik Malioboro Matangkan Kesiapan Jogja Sambut 9 Juta Wisatawan pada Libur Nataru
Dalam menentukan valuasi Vespa, Interbrand menerapkan metode penilaian eksklusif dan teruji dengan menggabungkan analisis finansial bersama data primer dan kuantitatif yang dikumpulkan lewat riset pasar secara global.
Riset tersebut dilakukan di 10 pasar kunci dari Vespa, meliputi Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, Amerika Serikat, Thailand, Indonesia, Tiongkok, dan India.
Vespa mengukuhkan kepemimpinannya di pasar Eropa dan semakin memperoleh relevansi di Amerika Serikat dan Asia dengan memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan, khususnya di Indonesia saat mana Piaggio Group membuka pabrik baru untuk pasar lokal negara tersebut belum lama ini.
Artikel Terkait
Siap Meminang Mitsubishi XForce, Ini 3 Kelebihan yang Tak Dimiliki Rival di Kelasnya, Salah Satunya Punya 4 Mode Berkendara
Toyota Pertahankan Market Share di Atas 33 Persen, Penjualan Kendaraan Elektrifikasi Naik Signifikan
Dukung Pemerintah Menuju Net Zero Emission, Innova Community Gelar Eco Activity di Jepara dan Jakarta
Musim Libur Akhir Tahun Segera Tiba Lur, Suzuki Beri 4 Tips untuk Keselamatan Perjalanan Bersama Anak dan Keluarga
Mitsubishi Motors akan Mulai Produksi Kendaraan Listrik Niaga Minicab EV Baru di Indonesia, Produksi Lokal Pertama Kendaraan di Luar Jepang
Belasan Ribu Scooter Bakal Meriahkan 7th Annual Indonesian Scooter Festival di Kampung Mataraman Jogja, Catat Tanggalnya Dab