news

KAI Selamatkan Barang Penumpang Senilai Rp11,4 Miliar, Periode Januari hingga Oktober 2024

Kamis, 21 November 2024 | 06:18 WIB
Ilustrasi penumpang kereta api. PT KAI telah menyelamatkan barang tertinggal milik penumpang periode Januari hingga Oktober 2024 senilai Rp11,4 miliar. (Foto: KAI Daop 1 Jakarta)

SENANGSENANG.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyelamatkan barang tertinggal milik penumpang kereta api senilai Rp11.418.824.365.

Ini tercatat dari ribuan barang bawaan milik penumpang KAI selama periode Januari hingga Oktober 2024.

Demikian dijelaskan Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Rabu 20 November 2024.

Baca Juga: Bahasa Jawa Mendapatkan Panggung Utama Festival Tunas Bahasa Ibu 2024 di Monumen Serangan 1 Maret 1949

"Selama periode Januari hingga Oktober 2024, KAI berhasil mengamankan 7.237 barang temuan dengan estimasi nilai total mencapai Rp11.418.824.365," katanya.

Anne menyebutkan bahwa dari 7.237 barang yang ditemukan, 3.151 di antaranya merupakan barang-barang berharga. Seperti peralatan elektronik, perhiasan, dokumen penting, hingga uang tunai.

"Sebagian besar barang tersebut sudah berhasil kami kembalikan kepada pemiliknya. Namun ada juga yang masih kami simpan karena pemiliknya belum mengambil,” ujarnya.

Baca Juga: Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta Gelar Pelatihan Digital Marketing Konten Instagram KWT Jasmine Nologaten

Ia menyampaikan bahwa jumlah itu menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun 2023 di mana KAI mengamankan 5.434 barang dengan estimasi nilai Rp6.655.984.900.

Anne menuturkan, KAI terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan. Termasuk melalui layanan Lost and Found (barang tertinggal).

Layanan itu memungkinkan pelanggan yang kehilangan barang di kereta api atau di stasiun untuk melapor kepada petugas atau melalui Contact Center KAI 121. Tujuannya, agar dapat segera diambil langkah-langkah pengembalian barang.

Baca Juga: Timnas Indonesia Mendunia Dab! Intip Sorotan 3 Media Asing yang Kagumi Aksi Brilian Maselino di Laga Kontra Arab Saudi

Anne menambahkan, petugas di stasiun dan kereta secara rutin mengingatkan para pelanggan. Agar selalu menjaga barang bawaan mereka agar tidak tertinggal.

“Meski barang bawaan adalah tanggung jawab pelanggan, kami berusaha memberikan layanan terbaik dengan membantu mengamankan barang yang tertinggal baik di kereta maupun di stasiun. Kami ingin memastikan agar barang yang tertinggal dapat kembali ke pemiliknya dengan aman,” kata Anne.

Halaman:

Tags

Terkini

Aksi Penutupan Aplikasi 'Mata Elang' Heboh di Medsos

Kamis, 18 Desember 2025 | 09:44 WIB