wisata

Rebranding Yogya City of Festival, Upaya Tingkatkan Lama Tinggal Wisatawan

Selasa, 29 Oktober 2024 | 10:45 WIB
Salah satu festival yang diselenggarakan di Kota Yogyakarta, Winongo Jogja River Festival. (Dok. Humas Pemkot Jogja)

SENANGSENANG.ID - Dalam upaya memperkuat Kota Yogyakarta sebagai Kota Pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, Pemkot Jogja melalui Dinas Pariwisata Kota Jogja menyelenggarakan Talk Show bertema ‘Sinergi Wujudkan Quality Tourism and Sustainable Tourism di Kota Yogyakarta’.

Acara yang digelar Senin 28 Oktober 2024 di Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta itu dihadiri Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto.

Sugeng Purwanto yang sekaligus menjadi salah satu narasumber pada kesempatan tersebut mengatakan, Kota Yogyakarta saat ini terus mengembangkan pariwisata berbasis budaya dengan mengembangkan kawasan cagar budaya sebagai destinasi pariwisata unggulan.

Baca Juga: Tim Dosen Lintas Bidang Ilmu Terjun ke Lapangan Cegah Stunting di Desa Sambirejo Sragen, Intip Kegiatannya

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dengan rebranding Kota Yogyakarta sebagai City of Festival, sebagaimana tertuang dalam RPJPD Kota Yogyakarta Tahun 2025-2045.

Hal ini direalisasikan pada tahun 2024 ada sebanyak 184 event skala nasional maupun internasional yang diselenggarakan di Kota Yogyakarta, seperti ArtJog, Kustomfest, Pasar Kangen, Jogja Spoor Festival, Wayang Jogja Night Carnival (WJNC), Jogja NETPAC Asian Film Festival (JAFF), dan sebagainya.

Ditambahkan Sugeng, Kota Jogja sebagai kota pariwisata masih sangat terbuka lebar untuk para investor pariwisata, terlebih dengan pesona budaya dan sejarahnya yang kaya, menawarkan peluang investasi yang menarik di sektor pariwisata terlebih kota Jogja masih menjadi tujuan favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Baca Juga: Pertamina Luncurkan Katalog SME1000 2024 untuk Memperluas Pasar UMKM

"Kami ingin memastikan bahwa setiap wisatawan yang datang ke Yogyakarta mendapatkan pengalaman yang mendalam dan bermakna. Lebih dari sekadar jumlah, kami fokus pada kualitas wisatawan dan dampak positif yang bisa mereka ceritakan serta kembali lagi ke Kota Yogyakarta," jelas Sugeng Purwanto.

Tak hanya itu, lama tinggal wisatawan atau Length Of Stay (LOS) di Kota Yogyakarta menunjukkan peningkatan pada tahun 2024 mulai Bulan Januari-September tingkat hunian wisatawan berada di angka 1,753 hari.

Hal tersebut sudah mendekati target tahun 2024 dimana LOS berada di angka 1,8 Hari.

Baca Juga: Transisi Energi Bersih Bikin Warga Aman dari Pencemaran Lingkungan? Inilah 4 Strategi yang Bisa Dicanangkan Prabowo-Gibran

“Kami terus berkomitmen meningkatkan LOS dengan menyesuaikan karakteristik Kota Yogyakarta dan memasarkan segala keunikan yang ada."

"Melalui acara ini, harapannya kolaborasi dapat terjalin dan mampu meningkatkan umkm melalui Krisna Nusantara dan Green House Boutique Hotel,” ungkapnya.

Halaman:

Tags

Terkini