SENANGSENANG.ID - Usianya baru menginjak 17 tahun, namun siapa sangka jika Muhammad Hakim telah mencatatkan namanya sebagai salah satu pengusaha skincare termuda di Indonesia.
Remaja asal Jakarta yang baru duduk di bangku Kelas II SMA Global Prestasi School ini meluncurkan merek Keem Skincare bertepatan dengan hari ulang tahunnya pada Jumat 19 Juli 2024, di Jakarta.
Hakim menghadirkan inovasi dalam produk perawatan kulit yang khusus ditujukan bagi pria, terutama yang memiliki kulit berminyak.
Uniknya, inspirasi Hakim untuk memulai bisnis skincare ini datang dari kebiasaannya menggunakan produk skincare milik ibunya setelah berolahraga.
"Aku selalu ngambil skincare Mama setiap habis olahraga. Akhirnya, aku berpikir untuk membuat skincare sendiri yang lebih cocok buat aku dan pria lain," ujar Hakim.
Pengalaman ini membawanya pada ide untuk menciptakan produk skincare yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan kulit pria, tetapi juga memiliki sentuhan personal.
Baca Juga: Ini 5 Tips dari Suzuki untuk Pengunjung Lebih Naman Nonton Pameran GIIAS 2024
Nama "Keem" diambil dari nama Hakim, yang dalam bahasa Inggris diucapkan sebagai "Hakeem" atau "Keem".
Hakim memilih nama ini karena merasa nama tersebut elegan dan mencerminkan identitas pribadinya.
Berangkat dari ide itu, Hakim pun memberanikan diri mewujudkan mimpinya dengan merintis bisnis. Uniknya, Hakim memulai dari modal uang tabungannya.
Baca Juga: Hyundai Motors Indonesia Kembangkan Aliansi Pengisian Daya dengan Mitra Charging Point Operator
“Jadi begini ya, aku dari kecil selalu disediakan tabungan. Aku dan kedua kakak aku selalu disediakan tabungan oleh Mama. Nah, aku itu orangnya seadanya saja, sederhana. Uang jajan aku juga kalau di sekolah juga jarang banget bawa, dan aku lebih milih untuk ditabung gitu,” papar Hakim.
Berawal dari uang tabungannya ini, Hakim merintis Keem Skincare sejak setahun silam.
Artikel Terkait
Gigih Berkreasi Wujudkan Mimpi, Kiat Sukses Tara Ayu Ciptakan Strategi Konten Efektif di Shopee Affiliate
Local Hero dan Kader Binaan Pertamina Lubricants, Dani Arwanto Raih Penghargaan Kalpataru dari Menteri LHK
Modal Nekat, Kini Palem Craft Miliki Omset Rp1,5 Miliar per Bulan dari Jualan Dekorasi Rumah Kualitas Ekspor
Paiman Raharjo, dari Tukang Sapu hingga Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
Hyundai Motors Indonesia Umumkan Penunjukan Fransiscus Soerjopranoto sebagai Chief Operating Officer
Terinspirasi Produk Turki, Produk Souvenir Diby Leather Sukses Tembus Pasar Luar Negeri