profil

Agar UMKM Punya Brand yang Kuat, Brandpreneur Yogya Edy SR Beberkan Rahasianya

Selasa, 1 April 2025 | 08:27 WIB
Edy SR, Brandpreneur Yogya. (Istimewa)

SENANGSENANG.ID - Kesadaran akan pentingnya membangun brand masih belum banyak dimiliki pelaku bisnis UMKM.

Padahal, jika produk UMKM ingin diterima konsumen secara masif maka brand identity atas produknya harus dibangun dari awal.

Jangan sampai pebisnis hanya menjual produk karena yang dibeli konsumen sebetulnya brand.

Baca Juga: Dukung Program Sego Segawe, Adriaan Agusta Terus Hembuskan Virus Pushbike di Jogja bersama sang Putra

Konsultan #Brandpreneur Yogya, Edy SR menegaskan hal itu pada sarasehan akhir Ramadan di kampus Klatak University, di hadapan sekitar lima puluh audien yang semuanya pelaku UMKM sebelum acara buka puasa Ramadan pekan lalu.

"Kebanyakan UMKM itu hanya fokus pada produk. Belum peduli pada brand atau sebut saja merek. Padahal, antara produk dan brand itu dua hal yang berbeda."

"Yang satu bentuknya fisik, satunya lagi bentuknya persepsi. Keduanya harus digarap secara sinergi jika UMKM mau mendapatkan akselerasi pertumbuhan usahanya, " tegas alumnus Jurusan Komunikasi Fisipol Universitas Gadjah Mada ini.

Baca Juga: Rayakan Lebaran 2025, Prabowo Bagikan Momen Bareng Titiek dan Didit di Medsos: Mohon Maaf Lahir dan Batin

Potensi pasar produk UMKM sebetulnya sangatlah besar. Indonesia mempunyai jumlah penduduk lebih dari 200 juta.

Sebuah produk sangat bisa menjangkau pasar yang luas. Tidak sekadar menjadi raja lokal.

"Syaratnya, produk yang unggul harus dibarengi dengan strategi brand yang terukur, " ujarnya.

Edy SR bersama para pelaku UMKM. (Istimewa)

Lebih lanjut, aktivis bidang ekonomi Muhammadiyah Yogyakarta ini menyatakan bahwa produk dan brand adalah dua entitas yang berbeda.

Produk itu adanya di tempat produksi, yakni di pabrik gudang, dan toko.

Halaman:

Tags

Terkini